Bagaimana Menjaga Data Anda Aman di Internet

Bagaimana Menjaga Data Anda Aman di Internet

Kami menggunakan internet dalam skala besar saat ini. Sebagian besar aktivitas harian kami terhubung ke internet. Tetapi apakah kita aman di Internet? Kami berbagi informasi pribadi dan profesional di internet. Kami rentan terhadap serangan peretasan dan pelanggaran data. Artikel ini akan membantu Anda menjaga data Anda tetap aman di internet.

Dibandingkan dengan dekade sebelumnya, pemandangan internet di India telah sepenuhnya berubah selama beberapa tahun terakhir. Tidak hanya internet cepat menjadi lebih murah saat ini tetapi juga ponsel pintar dan laptop.

Sebagian besar orang terhubung satu sama lain melalui Internet. Tetapi pada saat yang sama, internet telah menjadi tempat yang berisiko karena peretasan data dan ancaman virus.

Banyak perangkat yang terhubung ke internet menempatkan sejumlah besar data online, yang merepotkan bagi pengguna internet. Saat ini aplikasi dan game pada perangkat ponsel pintar menuntut informasi sensitif untuk melangkah lebih jauh.

Kerentanan ini memungkinkan peretas mencuri sandi Anda dan informasi sensitif lainnya. Dengan mempertimbangkan masalah ini, penting untuk mengambil langkah-langkah perlindungan agar tetap aman saat online.

Kiat untuk membantu Anda tetap aman di internet

Simpan Kata Sandi Kuat

Sebagian besar, orang mencoba untuk menjaga kata sandi yang mudah diingat. Sesuai laporan terbaru tahun 2017, kata sandi yang paling umum digunakan adalah qwerty, 123456, 11111111, kata sandi dan banyak lagi. Untuk memiliki keamanan yang kuat, Anda harus menggunakan kata sandi yang kuat.

Sempurna, campuran huruf besar dan kecil, dengan angka dan karakter khusus digunakan untuk kata sandi yang kuat. Sebagai contoh, ini bisa seperti "% 24aMeY_201" yang memiliki huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter khusus dan panjang harus kira-kira di atas 8 karakter.

Hindari menggunakan nomor kendaraan Anda dan nama hewan peliharaan atau tanggal lahir yang mudah dilacak.

Ubah kata sandi Anda sering

Sebagian besar orang cenderung menggunakan kata sandi yang sama selama bertahun-tahun dan bahwa sesuatu perlu diubah. Ini adalah praktik yang baik, mengubah kata sandi akun Anda setiap 45-60 hari.

Kebanyakan orang memiliki waktu yang sulit untuk mengingat kata sandi, Anda dapat menuliskannya atau menggunakan layanan seperti LastPass atau Dashlane yang membantu Anda mengontrol semua kata sandi Anda.

Juga penting untuk memiliki kata sandi unik untuk setiap situs web daripada memiliki kesamaan di semua situs web.

Notifikasi Login saat Mendaftar

Banyak situs web sosial dan e-niaga memungkinkan pengguna untuk mendaftar pemberitahuan masuk. Setiap kali Anda login ke akun Anda, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan tentang aktivitas tersebut. Jika Anda masuk dari lokasi atau perangkat yang tidak dikenal, Anda akan mendapatkan pesan instan terkait dengan keamanan akun.

Ini adalah praktik keamanan akun yang baik yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan akun Anda di internet.

Gunakan 2 Faktor Otentikasi atau 2FA

2FA sangat berguna untuk situs web perbankan. Ini menambahkan satu lagi lapisan keamanan saat masuk ke situs web.

Dengan mengaktifkan 2FA, situs web mengirim pesan teks seperti OTP atau kata sandi satu kali yang perlu Anda masukkan untuk memverifikasi identitas Anda.

Hindari menggunakan internet dari Wi-Fi publik

Hal terbaik tentang Wi-Fi publik di lokasi seperti stasiun kereta api, bandara, mal, dan kafe adalah gratis untuk diakses dan dibuka. Tetapi ini adalah serangan dari peretas dan mereka dapat mencuri informasi sensitif dari perangkat Anda. Gunakan Wi-Fi publik hanya jika diperlukan.

Hindari mengklik email acak

Anda akrab dengan email di Kotak Masuk Anda yang berasal dari sumber atau merek yang tidak dikenal seperti "Dapatkan pinjaman rumah dengan bunga 0%" atau "Anda memenangkan Jackpot". Ini adalah jenis umpan klik atau serangan phishing.

Ketika Anda mengeklik tautan di email ini, peretas mendapatkan entri backdoor untuk informasi sensitif Anda. Lalu, akses banyak hal dari komputer Anda dan gunakan untuk tujuan jahat.

Lebih baik tidak membuka email atau tautan dari sumber yang tidak dikenal.

Untuk menjelajah secara anonim menggunakan VPN

Virtual private network (VPN) menciptakan jalur aman antara perangkat atau telepon pintar dan situs web yang Anda kunjungi. Ia berhasil menjaga aktivitas online Anda menjadi pribadi dan aman.

ISP atau pemerintah Anda tidak dapat melacak Anda atau situs web yang Anda kunjungi. Ada banyak layanan VPN gratis dan berbayar yang tersedia di pasar.

Gunakan pemblokir iklan dan pelacak

Apakah Anda pernah memperhatikan, berapa kali Anda mencari tshirts atau sepatu atau perjalanan? Lalu, berapa kali Anda melihat iklan yang mirip dengan situs web yang Anda telusuri?

Apakah Anda pikir Anda diikuti? Hmm mungkin "Ya".

Setiap kali Anda mengunjungi situs web apa pun, pelacak pihak ketiga akan disimpan ke komputer Anda. Pelacak ini seperti cookie, tag piksel, flash cookie, dll.

Dengan menggunakan pelacak, perusahaan jadi tahu apa yang Anda caridan paling banyak dikunjungi. Ini dapat bermanfaat karena Anda dapat menemukan kesepakatan yang lebih baik melalui jaringan iklan tetapi pada saat yang sama mengancam privasi online Anda.

Jika Anda tidak ingin diikuti, Anda dapat menggunakan ekstensi browser seperti Adblock atau banyak lagi.

Ekstensi ini membantu Anda menjelajah dengan bebas di internet tanpa terganggu oleh jaringan iklan.

Gunakan firewall dan antivirus

Bahkan jika jaringan Anda aman dan sehat, selalu lebih baik menggunakan firewall. Firewall adalah semacam penghalang internet yang memblokir akses tidak sah ke komputer Anda. Firewall mengamankan perangkat yang terhubung melalui internet ke komputer Anda.

Menggunakan perangkat lunak antivirus yang baik juga merupakan langkah penting dalam mengamankan laptop atau desktop Anda dari virus dan serangan lainnya.

Selalu perbarui perangkat lunak Anda

Pada akhirnya, jika Anda memasang perangkat lunak antivirus di komputer Anda, jangan lupa untuk memperbaruinya.

Pasang patch keamanan terbaru setiap kali versi baru muncul. Jadi, Anda dapat menyimpan laptop atau komputer Anda dengan aman dan aman.

0 Response to "Bagaimana Menjaga Data Anda Aman di Internet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel